OS Android mengalahkan RIM dan Apple

Written By Amateur Person on Monday, January 25, 2010 | 10:23 PM


Masa depan sistem operasi Android diramalkan bakal cerah. Pangsa pasarnya diprediksi akan terus meningkat, bahkan bakal menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Prediksi ini dilontarkan oleh lembaga riset, IDC. Menurut IDC, sistem operasi (OS) Android bakal tumbuh lebih cepat daripada para kompetitornya.

Saat ini yang menjadi raja di pasar sistem operasi smartphone dunia adalah Symbian, yang banyak digunakan di smartphone Nokia. Disusul OS milik RIM dan OS Apple.

Sementara untuk pasar Amerika Serikat (AS), OS Symbian tidak terlalu bersinar. Pasar AS didominasi oleh RIM dan Apple, sementara di posisi ketiga ada Windows Mobile besutan Microsoft.

Namun, peta persaingan diramalkan bakal berubah. OS Android akan terus melesat dan di tahun 2013 bakal menjadi yang terbesar kedua di dunia. Ini berarti Android akan melibas lawan-lawannya seperti RIM dan Apple.

Salah satu kunci keperkasaan Android adalah karena OS ini dapat digunakan secara luas oleh berbagai manufaktur ponsel. Tidak seperti RIM dan Apple yang penggunaannya terbatas pada perangkat besutan mereka.

"Meskipun ada banyak sistem operasi di pasar, tidak banyak kesempatan bagi produsen perangkat yang tidak memiliki software sendiri," ujar Stephen Drake, analis IDC.

Dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (26/1/2010), selain melibas Apple dan RIM, diyakini Android juga bakal mampu membungkam sepak terjang Windows Mobile, karena gratis dan merupakan software open source, sementara Windows Mobile membutuhkan biaya lisensi. Sehingga kemungkinan para produsen ponsel akan lebih memilih Android.

Geliat Android sebenarnya sudah mulai terasa saat ini. Sejumlah manufaktur ponsel, seperti Motorola, HTC dan Samsung telah mengadopsi sistem operasi besutan Google itu.

detikinet.com

2 comments:

christian louboutin said...

It is so good and informative! Thanks for your sharing!

christian louboutin said...

It is so good and informative! Thanks for your sharing!

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...