DLNA: Serunya Berbagi Konten Antar Perangkat

Written By Amateur Person on Sunday, January 30, 2011 | 4:28 AM

Sekarang bukan jamannya lagi menikmati konten hanya dari satu alat. Konten seharusnya bisa dinikmati kapan pun, di mana pun, dan lewat perangkat apa pun.
Bayangkan kita sedang bersantai di kamar. Sambil tiduran, hp di tangan kita “mengalirkan” lagu yang tersimpan di dalamnya ke speaker yang terpasang di segala penjuru kamar.
Atau film yang tengah diputar di televisi di ruang tamu juga bisa kita tonton secara langsung di hp yang kita pegang sambil bersantai di kamar.
Asyik, ya?
Sampai beberapa tahun lalu, cerita seperti itu hanya ada di film-film masa depan. Sejak tahun 2003, skenario seperti tadi mulai bisa dilakukan; namun masih melibatkan komputer berteknologi canggih. Nah, tampaknya tak lama lagi kita pun sudah bisa melakukannya dari hp. Semuanya berkat DLNA.
DLNA, singkatan dari Digital Living Network Alliance, merupakan standar teknologi untuk berbagi konten foto, musik dan video antar perangkat di jaringan rumahan. Nama ini sekaligus merupakan nama aliansi para produsen yang mengembangkan standar teknologinya.
Di awal, standar ini diterapkan antara komputer dan perangkat elektronik rumahan seperti televisi. Tapi sejak 2006, perangkat mobile seperti hp pun sudah tercakup.
Perangkat mobile itu diklasifikasi, antara lain:
- Mobile Digital Media Server (M-DMS):
Perangkat nirkabel ini menyimpan konten dan “membagi”nya ke jaringan mobile digital media players (M-DMP), digital media renderers (DMR) dan digital media printers (DMPr). Contohnya hp dan portable music player.
- Mobile Digital Media Player (M-DMP): Perangkat nirkabel ini mencari dan memainkan konten di digital media server (DMS) atau mobile digital media server (M-DMS). Contohnya hp dan mobile media tablet.
- Mobile Digital Media Uploader (M-DMU): Perangkat nirkabel ini “mengirim” (upload) konten ke digital media server (DMS) atau mobile digital media server (M-DMS). Contohnya kamera digital dan hp.
- Mobile Digital Media Downloader (M-DMD): Perangkat nirkabel ini mencari dan menyimpan (download) konten dari digital media server (DMS) atau mobile digital media server (M-DMS). Contohnya portable music players dan hp.
- Mobile Digital Media Controller (M-DMC): Perangkat nirkabel ini mencari konten di digital media server (DMS) atau mobile digital media server (M-DMS) dan mengirimnya ke digital media renderers (DMR). Contohnya personal digital assistants (PDA) dan hp.
Mayoritas hp canggih saat ini sudah berstandar DLNA. Cara paling gampang mengenalinya adalah spesifikasi hp tersebut mencantumkan kemampuan untuk terhubung ke perangkat elektronik secara nirkabel dan berbagi konten antar perangkat.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...